Bagaimana Asuransi Kecelakaan Diri Bisa Melindungi Anda Dari Bahaya

Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah “Apa itu asuransi kecelakaan diri?” Singkatnya, itu adalah asuransi yang membayar jika Anda mengalami kecelakaan.

Di Inggris, misalnya, asuransi persewaan mobil menanggung kerusakan pada mesin kendaraan Anda. Namun di beberapa negara lain, kebijakan persewaan mobil biasanya tidak mencakup segala jenis kerusakan pada mesin Anda (meskipun kebijakan tersebut mencakup kerusakan pada bagian lain dari kendaraan). Jika Anda mengalami kecelakaan dan mendapat masalah serius, berapa banyak perusahaan asuransi Anda akan membayar?

Asuransi kecelakaan diri dapat mencegah situasi ini terjadi. Jika Anda dapat menemukan polis dengan potongan tinggi, maka kemungkinan besar Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi Anda. 

Apa Saja Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?

Meskipun selalu ada risiko dalam segala hal, kecelakaan mungkin adalah skenario yang terburuk karena Andalah yang menderita. Anda bisa terluka oleh kecelakaan mobil, jatuh dari tangga atau tertabrak oleh kendaraan lain. Tidak ada jaminan bahwa Anda tidak akan terluka.

Meskipun tidak ada cara untuk memprediksi tingkat cedera yang tepat, kami dapat memperkirakan tingkat keparahannya. Faktanya, kita dapat melakukan lebih baik dari itu. Dengan polis asuransi kecelakaan, Anda dapat menghindari membayar untuk biaya perawatan rumah sakit, atau biaya pertanggung jawaban yang pastinya akan jauh lebih mahal.

Manfaat dasar dari memiliki asuransi kecelakaan adalah akan melindungi aset Anda jika terjadi kecelakaan (yaitu, mobil Anda) serta barang-barang pribadi Anda. Ini juga melindungi barang-barang Anda dari pencurian dan kerusakan lainnya, mencegah orang lain mengambilnya dan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan kompensasi untuk setiap cedera yang diderita dalam suatu insiden.

Kerugian utama dengan asuransi kecelakaan adalah bahwa seringkali produk asuransi ini harus dibeli (dan dibayar) di muka, bukan setelah insiden terjadi. Ini berarti bahwa setelah Anda mengeluarkan biaya apa pun yang terkait dengan perolehan atau pemeliharaan polis (yang mungkin sangat mahal), jika Anda ingin membatalkannya setelah insiden terjadi, tidak ada dana yang tersedia untuk menutupi pengeluaran ini.

Jika Anda tidak memiliki cukup dana yang tersedia untuk membayar kembali pemegang polis maka mereka dapat menuntut Anda atas kerusakan yang terjadi melalui penggunaan properti mereka dan mengklaim semua yang mereka miliki dari Anda — dan ini dapat mencakup rumah, mobil, dan bahkan kekayaan total Anda.

Tentu hal Ini dapat menyebabkan masalah serius ketika mencoba membangun kembali hubungan dengan anggota keluarga atau teman yang kehilangan orang yang dicintai dalam kecelakaan atau insiden yang bukan salah Anda.

Terkadang masalah ini tidak sering terjadi (seperti ketika seseorang terluka dalam kecelakaan mobil), tetapi sekali lagi, kita tidak boleh menganggap ini benar 100% setiap saat. 

Dalam kasus seperti itu, apa yang harus terjadi? Apa yang bisa terjadi? Jawabannya tergantung pada jenis polis asuransi yang paling cocok untuk setiap orang.

Beberapa orang mungkin lebih suka polis asuransi berjangka sementara yang lain mungkin lebih suka polis seumur hidup yang sangat berbeda satu sama lain sehingga mereka dapat memastikan mereka terlindungi dari berbagai jenis bencana. 

Siapa yang Harus Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?

Jika Anda benar-benar tertarik untuk masuk ke dalam asuransi kecelakaan, biasanya merupakan ide yang baik untuk berbicara dengan setidaknya dua atau tiga perusahaan. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu untuk memastikan bahwa perusahaan yang Anda evaluasi kompeten dan tidak hanya mencoba menjual sesuatu yang aneh kepada Anda. 

Penting juga untuk memahami jenis pertanggungan apa yang tersedia, cara kerja kebijakan, dan kapan kebijakan asuransi kecelakaan diri itu berlaku.

Dan, tentu saja, pastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih menawarkan apa yang diwajibkan oleh undang-undang asuransi negara Anda (menaati aturan yang berlaku). Jika sebuah perusahaan tidak menawarkan apa yang disyaratkan oleh undang-undang, Anda dapat memilih keluar darinya.

Anda perlu mengetahui semua detail tentang jenis pertanggungan kecelakaan yang mencakup apa jika terjadi hal buruk pada mobil atau kendaraan Anda.

Berapa Biaya Asuransi Kecelakaan Diri?

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi keuntungan dari asuransi kecelakaan diri dan bagaimana hal itu dapat melindungi Anda. 

Memang, banyak orang yang tidak tahu banyak tentangnya. Fakta bahwa itu telah menjadi sangat terspesialisasi membuatnya tampak lebih misterius bagi kebanyakan orang. 

Anda mungkin berpikir bahwa kecelakaan adalah kejadian langka dan tidak cukup bagi perusahaan asuransi untuk tertarik memberikan pertanggungan bagi mereka. Tapi kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja — termasuk Anda!

Kita hidup dalam masyarakat di mana mobil menjadi semakin mahal dengan bahan-bahan yang semakin eksotis, sistem teknologi canggih, dan mesin yang lebih bertenaga membuat semakin banyak kendaraan yang memenuhi jalanan. 

Masuk akal bahwa asuransi tabrakan mobil akan mahal juga pada waktunya. 

Hal itu juga berarti bahwa setiap tahun mobil Anda berpapasan dengan jumlah mobil lain (dan pejalan kaki) yang sama, dan diperbaiki dengan cara yang hampir sama (dan dengan harga yang sama). 

Faktanya, meskipun kebanyakan orang tidak terlalu memikirkannya, mereka sebenarnya membayar hampir dua kali lipat untuk mobil mereka jika mereka mengalami kecelakaan berkat asuransi tabrakan. Sebagian besar pemilik mobil mungkin tidak pernah memikirkannya — tetapi sekali lagi, siapa yang tidak?

Besaran dari biaya ini bisa ratusan ribu, jutaan, atau hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari kondisi keuangan dan kemampuan Anda pribadi.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Memproses Klaim?

Asuransi kecelakaan diri dapat melindungi Anda. Ini adalah satu-satunya bentuk asuransi yang dapat memberi Anda kompensasi berupa uang tidak peduli apapun kecelakaan yang terjadi.

Meski begitu, hanya ada sedikit orang yang mengambil asuransi kecelakaan diri karena mereka ingin membeli sesuatu yang akan memberi mereka uang ketika mereka meninggal. 

Mereka menginginkan sesuatu yang akan membayar mereka kalau-kalau mereka telah tiada. Ini adalah perbedaan penting: industri asuransi jiwa menjual polis (kadang-kadang disebut manfaat kematian) yang akan membayar uang dalam kasus kematian. Industri asuransi kecelakaan diri menjual polis (kadang-kadang disebut tunjangan kecelakaan) yang akan membayar uang jika terjadi kecelakaan (karena topik ini sudah ada sejak lama).

Perbedaan antara kedua pasar ini serta produk masing-masing lebih halus dari yang Anda kira. 

Industri asuransi jiwa dapat mengambil manfaat dari memperlakukan kematian sebagai suatu kemungkinan sedangkan industri asuransi kecelakaan diri harus memperlakukannya sebagai suatu keniscayaan — dan karenanya, cobalah untuk membatasi risikonya bahkan lebih dari yang dimungkinkan oleh bentuk-bentuk pertanggungan kewajiban lainnya.

Sementara beberapa orang mungkin masih membutuhkan skenario kebijakan semacam “what if?”, kami percaya bahwasanya kebanyakan orang harus dapat menjauh dari kejadian yang naas ini begitu mereka menyadari seberapa besar risiko mereka dan seberapa besar mereka bersedia membayar untuk perlindungan terhadapnya. 

Ini tidak selalu mudah, tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sekarang dapat sangat berguna untuk meminimalisir adanya kehilangan saat terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.